Thursday, February 3, 2011

Membuat Blog Komersil, Pikirkan PageRank juga!

Menulis di blog dan berusaha memberikan manfaat untuk orang lain memang tidak pernah salah, akan tetapi ketika kita juga ingin mencoba serius berkarya untuk mendapatkan manfaat materi secara langsung maka kita tidak bisa mengabaikan bagaimana peta peraingan bisnis yang coba kita geluti. Dalam hal ini persaingan yang dimaksud adalah persaingan untuk menjadi populer di dunia maya, dan tentunya juga populer di berbagai mesin pencari seperti google, yahoo juga bing. Lantas bagaimana mensiasatinya?
Kau sobat tentu sudah cukup familiar dengan istilah pagerank, alexarank, google index position dsb. Tapi tahukah bagaimana prinsip kerjanya, sesungguhnya prinsip dari pagerank sendiri adalah bagaimana anggapan google terhadap sebuah situs, apakah situs tersebut cukup penting dan memiliki keyword yang unik pada suatu topik (mis. Komputer, pendidikan, potografer,dll). Dengan kata lain ketika kita memiliki situs dengan tingkat persaingan rendah (mis. Situs tentang pendidikan) maka situs tersebut akan lebih mudah mendapatkan peingkat ketimbang situs dengan persaingan lebih tinggi (mis. Situs tentang tips blogger). Demikian pula dengan google idex position dan yahoo index position.
Namun meskipun mudah mendapat peringkat pagerank tetap saja masih sulit untuk mendatangkan pengunjung blog, hal ini dikarenakan untuk topik-topik dengan tingkat kompetisi rendah umumnya memang pengunjungnya jauh lebih sedikit ketimbang topik dengan kompetisi lebih tinggi, dengan begitu otomatis peringkat alexa kita akan sulit meramping walaupun udah pake naturslim.
Lalu apa gunanya meningkatkan pagerank kalau begitu?
Nah ketika situs kita telah memiliki pagerank (1 sekalipun) maka kita akan lebih mudah bersaing dengan blog-blog lain yang mengusung topik dengan persaingan tinggi. Dan akhirnya kita mulai deh kebanjiran trafik, dan buntutnya alexa rank pun naik.
Selamat mencoba.
Tips : ketika memulai ngeblog lebih baik pilih topik yang paling kita kuasai dan tentunya tidak banyak yang mengetahuinya, misalkan kamu seorang insinyur pertanian maka mulailah menulis tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan pertanian setelah mendapat peringkat google lebih baik tak ada salahnya mencoba topik-topik yang lebih “menantang” dan menjadi top isue di dunia maya.

Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment