Saturday, February 5, 2011

Pilih Mana, Banyak Dikunjungi Atau Dihargai Mahal?

Hidup itu pilihan… pepatah yang sudah usang sepertinya ya?!. Tapi ternyata itu terjadi juga pada saat kita memulai serius dalam menggeluti dunia bisnis online, mulai dari pilihan untuk seberapa banyak kita meluangkan waktu dan fikiran sampai hal detil seperti program apa yang kita pilih. Dan ketika kita memilih untuk mengikuti program PPC seperti adsense misalnya, kita juga dihadapkan beberapa pilihan, terutama adalah blog/situs dengan nice atau tema apa yang ingin kita usung?
Nah kali ini aku akan coba bahas khusus buat pilihan pertanyaan terakhir “blog/situs dengan nice apa yang ingin kita usung?”
Untuk menentukan pilihan tersebut tentunya sangat bergantung dari latar belakang seorang bloger sendiri, dan biasanya nice yang diambil tidak jauh-jauh dari keahlian yang dikuasai oleh bloger bersangkutan. Tidak salah memang jika memilih suatu tema yang benar-benar sudah kita kuasai untuk dipublikasikan dalam situs kita. Tetapi ketika halini menyangkut monetasi (penguangan) blog khususnya Google Adsense, maka ada dua hal yang tidak boleh kita lupakan kawan yang pertama adalah seberapa populer tema tersebut di dunia maya?, hal ini tentunya akan sangat menentukan seberapa luas pasar yang akan kita garap. Kemudian yang kedua adalah seberapa besar nilai value ($) dari nice tersebut?, apakah para advertiser (pemasang iklan melalui GA) mau membayar mahal untuk tiap klik iklan-nya?
Kedua hal diatas menurutku memang harus benar-benar diperhitungkan sebelum serius menggarap Google Adsense khususnya adsense for content. Karena misalkan –ini dengan hitungan kasar ya- kita mengharapkan penghasilan dari adsense ketika blog kita sudah mapan sebesar Rp2.000.000. maka ada 2 kemungkinan untuk memperolehnya
Blog dengan pageview tinggi, tetapi keyword murah sehingga per-klik iklan rata-rata “hanya” dihargai Rp2000 (± $0,3), maka kita diwajibkan mencapai target klik setidaknya 1000 klik dari pengunjung kita
Blog dengan pageview rendah tetapi keyword mahal sehingga per-klik iklan rata-rata dihargai 10.000 (± $1), maka kita diwajibkan mencapai target klik iklan cukup dengan 100 klik/bulan.
Nah sekarang mana yang lebih baik sebenarnya sangat relatif, tapi aku juga baru mulai praktek sekaligus penelitian kecil-kecilan dengan mencoba kedua nya sekaligus. Blog pertama online trix, isinya kurang lebih sama dengan blog ini bicara mengenai tips bloger, hanya dalam bahasa inggris. Nah untuk nice seperti ini sebenarnya cukup mudah mencapai pageview yang tinggi tetapi nilai keywordnya memang sangat kecil. Nah, blog yang kedua membahas mengenai kanker, untuk nice ini para pemasang iklan rela membayar per-klik iklannya dengan harga tinggi, hanya saja memang cukup sulit untuk mendatangkan pengunjung dalam jumlah besar.
Karena penelitiannya juga baru mulai, aku juga belum berani menarik kesimpulan mana yang lebih baik. Nanti kalu ada perkembangan mudah-mudahan kita bisa share lagi.
Note: Sebenarnya ada alternatif lain (khususnya blog berbahasa indonesia) yakni dengan adsense for search, nah pada adsense for search iklan yang tertampil bukan berdasarkan nice blog, tetapi berdasarkan pencarian pengunjung yang melalui kolom pencarian. Untuk optimasi adsense for search akan aku bahas di artikel selanjutnya.

Artikel Terkait:

1 comments:

Anonymous said...

check

Post a Comment