Wednesday, March 9, 2011

Mengapa publisher adsense papan atas gulung tikar

Anda mungkin bertanya-tanya kenapa blogger kenamaan indonesia seperti , ... dan ...  sekarang menghilang alias pensiun dari dunia maya, padahal kabarnyamereka sudah mendapatkan penghasilan ratusan sampai ribuan dolar perbulan. Setelah mencoba gugling kesana kemari saya akhirnya menemukan sedikit titik terang. Ternya sumber utama penghasilan para bloger tersebut (adsense) telah terhenti, kenapa? Tentu saja karena akun adsense mereka di banned.

Kenapa hal tersebut bisa terjadi?. Saya yakin bloger profesional macam ... maupun ... tidak mungkin melakukan hal curang untuk menghasilkan dolar, tapi alasan mereka dibanned menurut saya karena memang karena google sangat keras terhadap pelanggaran TOSnya terutama klik fraud.bahkan isnaini dalam sebuah artikelnya pernah berusaha untuk mendapatkan kembali akun adsense nya dengan istilahnya peninjauan kembali (PK). Tetapi sayangnya juga tidak berhasil.

Lantas kalau mereka tidak melakukan kecurangan kenapa adsense mengirim surat PHK?. Jawabannya “mungkin” karena persaingan bisnis di dunia maya. Karena akun adsense siapapun (termasuk punya blog ku) sangat rentan dengan banned. Bisa saja orang iseng atau juga terencana melakukan klik berulang-ulang pada iklan adsense sehingga goolge mengira telah terjadi klik fraud.

Tapi kalau trik cossa aranda sepertinya cukup berhasil juga. Kabarnya dia punya lebih dari 200 situs pendulang adsense, tapi sangat sedikit orang yang mengetahui list situsnya. Mungkin dia juga sudah memprediksi hal-hal buruk akan terjadi kalau sampe situsnya kebongkar “musuhnya”.

Jadi ada baiknya kita terus berusaha memupuk pertemanan sebanyak-banyaknya sesama bloger agar permusuhan antar bloger khususnya dari indonesia bisa kita hindari, toh yang rugi kalau hal tersebut terjadi pastinya kita sendiri.

Artikel ini baru berupa opini saya pribadi + sedikit cari suber di mbah gugel. Jadi kalau data kurang akurat, mohon dimaafkan.

Salam pertemanan sobat bloger.

update : atas saran rekan di adsense-id nama bloger saya hilangkan

Artikel Terkait:

2 comments:

Ari said...

Benar juga ya, siapa tau ada "musuh" yang sengaja mengklik iklan berkali-kali sehingga dianggap klik fraud oleh Gugel.

Tapi, pengunjung yang kurang tau bisa juga kan melakukan hal tersebut?

agus_wazza said...

betul sekali sobat.karena itu mari kita mencari sahabat sebuanyak-banyaknya.

Post a Comment